Perangkat lunak manajemen desktop telah menjadi alat penting bagi bisnis dan individu di dunia digital saat ini. Dengan semakin kompleksnya lingkungan teknologi, sangatlah penting untuk memiliki perangkat lunak yang andal untuk mengelola desktop secara efisien.
Baik Anda pemilik usaha kecil atau profesional TI, memiliki perangkat lunak manajemen desktop yang tepat dapat meningkatkan produktivitas, keamanan, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Namun banyaknya pilihan yang tersedia membuat sulit untuk memilih yang tepat. Jadi, dalam artikel ini, Anda akan menjelajahi 8 software manajemen desktop terbaik untuk digunakan pada tahun 2024!
Mengapa Berinvestasi dalam Perangkat Lunak Manajemen Desktop?
Sebelum kita mempelajari opsi terbaik yang tersedia, mari kita bahas mengapa berinvestasi dalam perangkat lunak manajemen desktop itu penting. Mengelola desktop organisasi dapat menjadi tantangan dengan kemajuan teknologi yang pesat. Mulai dari pembaruan dan perbaikan perangkat lunak hingga kerentanan keamanan dan dukungan pengguna, kompleksitas pengelolaan sistem memerlukan solusi yang efisien. Jadi, sebelum memilih opsi terbaik untuk Anda, kami telah menyoroti beberapa fitur dan manfaat yang harus Anda pertimbangkan:
- Pembaruan dan Patch Perangkat Lunak yang Efisien – Memperbarui semua desktop dengan versi dan patch perangkat lunak terbaru dapat memakan waktu dan tenaga. Jadi, perangkat lunak manajemen Desktop mengotomatiskan proses ini dan memastikan sistem Anda aman dan dioptimalkan.
- Keamanan yang Ditingkatkan – Ancaman dunia maya terus berkembang, sehingga penting untuk menerapkan langkah-langkah keamanan yang kuat. Perangkat lunak manajemen desktop menawarkan perlindungan antivirus, manajemen firewall, dan deteksi intrusi, melindungi sistem Anda dari potensi ancaman.
- Dukungan Pengguna Terpusat – Mengelola masalah pengguna dan permintaan dukungan dapat menjadi tantangan, terutama di organisasi besar. Perangkat lunak manajemen desktop menyediakan platform terpusat untuk menangani dukungan pengguna, memungkinkan waktu respons lebih cepat dan penyelesaian masalah yang efisien.
- Peningkatan Produktivitas – Dengan mengotomatiskan tugas-tugas rutin dan menyediakan kemampuan manajemen jarak jauh, perangkat lunak manajemen desktop dapat meningkatkan produktivitas secara signifikan. Profesional TI dapat menghabiskan lebih sedikit waktu pada tugas-tugas manual dan fokus pada aktivitas yang lebih penting, yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas keseluruhan dalam organisasi.
8 Software Manajemen Desktop Terbaik Tahun 2024
Tanpa basa-basi lagi, mari kita jelajahi perangkat lunak manajemen desktop teratas pilihan untuk tahun 2024:
Kelola Pusat Desktop Mesin
Sebuah divisi TI dari perusahaan Zoho, Manage Engine memiliki lebih dari 90 produk untuk membantu bisnis dalam memenuhi kebutuhan TI mereka. Mereka memiliki perangkat lunak manajemen TI yang mencakup manajemen akses, manajemen identitas, manajemen operasi TI, manajemen titik akhir terpadu, analisis TI tingkat lanjut, dan manajemen layanan.
Manage Engine Desktop Central adalah bagian dari UEM (manajemen titik akhir terpadu) mereka. Ini membantu melindungi dan menyederhanakan infrastruktur TI dengan patching otomatis, pemecahan masalah jarak jauh, keamanan data, intelijen aset, perlindungan ransomware, dll.
Beberapa fitur potensial dari Manage Engine Desktop Central
- Tanpa mengorbankan keamanan, platform ini memberikan pengalaman pengguna akhir yang lancar.
- Ini menawarkan dukungan manajemen patch yang baik.
- Ini memberikan beberapa opsi pendaftaran untuk Windows dan macOS.
- Anda dapat mengaktifkan pembatasan aplikasi dan browser di Windows.
- Kelola aset perangkat lunak dan perangkat keras dengan mudah beserta garansi dan pelacakan lisensi.
Penggabungan skala
Opsi berikutnya adalah Scalefusion yang menyediakan solusi manajemen endpoint terpadu dan komprehensif yang menangani berbagai platform. Scalefusion adalah solusi berbasis cloud, kuat, dan kuat untuk mengelola laptop, desktop, dan perangkat lain untuk bisnis dengan berbagai ukuran.
Anda dapat dengan mudah mengelola perangkat dari mana saja dan memperbarui serta menerapkan perangkat lunak dari jarak jauh ke seluruh armada mereka. Ini memastikan bahwa semua perangkat aman dan mematuhi peraturan perusahaan. Platform ini memberi Anda peningkatan visibilitas atas pengaturan perangkat dan peristiwa jaringan.
Beberapa fitur potensial Scalefusion
- Anda dapat memecahkan masalah secara real time karena memungkinkan Anda memantau dan mengontrol perangkat dari jarak jauh.
- Anda bahkan dapat mengelola perangkat tanpa pengawasan dengan mode Kiosnya.
- Ini menawarkan lapisan keamanan ekstra untuk mengakses email perusahaan.
- Hal ini memungkinkan otomatisasi tambalan dengan kecepatan dan presisi.
- Ia menawarkan integrasi dengan alat ITSM terkemuka.
Atera
Atera, alat administrator desktop berbasis cloud memiliki target pasar usaha kecil dan menengah. Dengan menggunakan fitur penemuan jaringan, perangkat dipindai untuk mendapatkan visibilitas lengkap. Dengan membuat profil otomatisasi TI dan mengalokasikannya ke berbagai perangkat, tim TI dapat mengotomatisasi operasi yang membosankan dan manual.
Solusi RMM dari Atera adalah alat yang sangat andal dan berguna untuk memastikan semua peraturan jaringan konsisten. Solusi ini merupakan tambahan yang berguna untuk infrastruktur jaringan Anda karena menawarkan beragam kasus penggunaan yang sangat luas. Untuk bisnis dan MSP dari semua ukuran yang ingin memberikan dukungan jarak jauh sepenuhnya kepada klien mereka, Atera RMM adalah solusi yang baik.
Beberapa fitur potensial Atera
- Platform ini menawarkan pemantauan dan peringatan sistem.
- Anda dapat dengan mudah mengakses aplikasi desktop jarak jauh.
- Atera bahkan menawarkan otomatisasi TI.
- Anda dapat menginstal patch dan pembaruan secara otomatis.
- Ini memiliki fitur pemeliharaan jarak jauh yang memungkinkan Anda menjalankan skrip, menghapus instalasi aplikasi, dan mengelola patch dengan mudah.
AnyDesk- Kontrol Desktop Jarak Jauh
Opsi berikutnya pada daftar perangkat lunak manajemen desktop terbaik adalah AnyDesk. Jika Anda sedikit mengetahui bidang ini, Anda pasti pernah mendengar tentang platform ini sebagai salah satu kontrol desktop jarak jauh terbaik. Anydesk adalah aplikasi desktop populer untuk penggunaan rumahan atau individu.
Namun, perangkat lunak ini juga digunakan dalam paket berbayar untuk bisnis. AnyDesk adalah pemasok perangkat lunak desktop jarak jauh mutakhir yang menyediakan perbaikan cepat, sederhana, dan aman untuk masalah jarak jauh apa pun. Untuk mengatasi banyak masalah yang jauh, yang Anda perlukan hanyalah perangkat lunak lokal dan langganan dari bisnis.
Beberapa fitur potensial AnyDesk
- Aplikasi ini aman dan sangat ringan.
- Tersedia kompatibilitas dengan berbagai browser web.
- Platform yang didukung Window memungkinkan transfer file audio dan video. Jika salah satu sistem tidak mendukung perangkat lunak pengeditan video, Anda dapat mentransfer file yang diedit melalui platform ini.
- Dengan menggunakan perangkat lunak RDP, Anda bahkan dapat merekam sesi jarak jauh.
- Anda bahkan dapat menggunakan berbagai fitur konferensi.
Kontrol ConnectWise
Dengan perangkat lunak ConnectWise, Anda dapat mengoperasikan perangkat apa pun dari jarak jauh dari lokasi mana pun dengan cara yang cepat, mudah beradaptasi, dan aman. Di bidang ini, perangkat lunak ini termasuk yang paling aman. Itu dilengkapi dengan otentikasi dua faktor dan enkripsi AES-256.
Selain itu, ini adalah perangkat lunak paling kompatibel dengan dukungan untuk Linux/Unix, Windows, macOS, dan ChromeOS. Usaha kecil dan menengah dan bahkan usaha besar dapat mengintegrasikan platform pendukung bekas mereka, seperti Freshdesk, Solarwinds, Acronis, Zendesk, dan banyak lagi berdasarkan kebutuhan mereka.
Beberapa fitur potensial dari Kontrol ConnectWise
- Ia menawarkan Plug-in untuk akses komputer jarak jauh.
- Ini memberikan hak akses yang tepat ke perangkat keras dan aplikasi.
- Koneksi lebih cepat dengan autentikasi Security Assertion Markup Language (SAML).
- Tim internal atau layanan dukungan pengguna akhir dapat mengelola perangkat lunak.
Perusahaan Splashtop
Di situs webnya, Splashtop menyatakan bahwa mereka menyediakan perangkat lunak bantuan jarak jauh untuk lebih dari 200,000 bisnis dan 30 juta pengguna di seluruh dunia. Sesi Remote Desktop Protocol (RDP) dapat dibuat dengan andal di banyak perangkat tanpa memerlukan instalasi perangkat lunak tambahan pada titik akhir ini.
Ia menggunakan standar industri terbaik untuk prosedur keamanan guna menjaga sistem dan jaringan aman dari peretas. Infrastruktur perangkat lunak Splashtop ditempatkan di cloud Amazon, yang menawarkan jaringan dan lingkungan komputasi yang aman dengan perlindungan DDoS, firewall, dan enkripsi data.
Beberapa fitur potensial dari Splashtop Enterprise
- Untuk memberikan bantuan seluler jarak jauh, Anda dapat membuat sambungan ke perangkat seluler jarak jauh, seperti iOS dan Android.
- Dari dalam tiket, buat koneksi jarak jauh dengan mudah.
- Ia menawarkan integrasi dengan aplikasi yang lebih terkenal, seperti Jira Service Desk, Freshservice, Autodesk, dan banyak lagi.
- Ini mendukung berbagai platform, seperti Windows, Mac, iOS, dan Android.
Penampil Tim
Salah satu program administrasi sistem jarak jauh yang paling banyak digunakan adalah TeamViewer, yang populer karena kemampuan kerja tim. Dengan konektivitas platform berbasis cloud, Anda dapat mengakses perangkat apa pun dari jarak jauh, dari platform apa pun, kapan pun. Tidak peduli seberapa kecil bandwidth yang Anda miliki, Anda dapat terhubung ke perangkat apa pun, seperti ponsel cerdas, robot, atau bahkan perangkat Internet of Things dengan kecepatan tinggi karena jaringan akses globalnya.
Terlebih lagi, Anda dapat menghubungkan lebih dari satu workstation dari jarak jauh. Platform ini paling cocok untuk membantu Anda meningkatkan kinerja kendali jarak jauh bertenaga GPU. Banyak industri TI menyukai platform ini karena kinerjanya yang luar biasa.
Beberapa fitur potensial TeamViewer
- Dengan penggunaan bantuan visual yang didukung augmented reality, ini membantu Anda menyelesaikan masalah jarak jauh.
- Dasbornya dilengkapi panel samping dengan banyak alat pemecahan masalah dan tata letak yang menarik.
- Aplikasi mudah dipasang dan dimulai ulang dari lokasi mana pun dan kapan pun.
- Bahkan menyeret dan melepaskan data di seluruh komputer adalah proses sederhana dengan perangkat lunak ini.
Masuk Pusat
Profesional TI dapat memantau, mengelola, dan mengamankan desktop dan laptop dengan bantuan Logmein Central, solusi manajemen desktop berbasis cloud. Pengguna dapat mengoperasikan dan mengelola perangkat dari lokasi mana pun berkat kemampuan pemantauan dan manajemen jarak jauh. Paket manajemen desktop mencakup peringatan proaktif, pelaporan tertulis, serta akses dan kontrol jarak jauh untuk otomatisasi TI.
Beberapa fitur potensial Logmein Central
- Fitur pemisahan komputernya memungkinkannya menyebarkan patch dan perangkat lunak dengan mudah berdasarkan lokasi, departemen, dan ketersediaan.
- Ini juga menyediakan akses latar belakang.
- Ini menawarkan pelaporan mendalam, pengaturan peringatan, dan otomatisasi aktivitas rutin.
- Anda dapat memantau infrastruktur TI secara lengkap untuk menemukan masalah penting dan pembaruan.
Kesimpulan
Berinvestasi secara andal dan efisien perangkat lunak manajemen desktop sangat penting bagi bisnis dan individu pada tahun 2024. 8 opsi teratas yang disebutkan dalam artikel ini menawarkan serangkaian fitur dan kemampuan untuk menyederhanakan manajemen desktop, meningkatkan keamanan, dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.
Jadi, evaluasi kebutuhan spesifik Anda dan pilih perangkat lunak yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda mendapatkan yang benar, Anda dapat memastikan lingkungan desktop yang optimal, aman, dan efisien untuk bisnis atau organisasi Anda.